Debat Kedua Pilpres, BPN Prabowo Minta KPU Kurangi Jumlah Undangan

Debat Kedua Pilpres, BPN Prabowo Minta KPU Kurangi Jumlah Undangan

12 views
0

Wakil Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso menyarankan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar mengurangi jumlah undangan debat sesi kedua Pilpres 2019. Adapun, debat sesi kedua akan digelar pada 17 Februari mendatang, dengan tema energi dan pangan, lingkungan hidup, dan sumber daya alam, serta infrastruktur.

Namun, Priyo tidak mempersoalkan apabila Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap mempertahankan jumlah undangan seperti saat debat sesi pertama yang berjumlah 500 orang. Tetapi, Priyo menyarankan pada KPU untuk kembali menggunakan format debat seperti saat debat Pilpres 2014.

“Jadi 500 undangan itu terdiri dari 200 undangan untuk paslon 01, 200 untuk paslon 02, baru 100 silakan KPU mengundang tokoh-tokoh lainnya,” kata Priyo di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/1/2019).

Menurut politikus Partai Berkarya ini, pihaknya kerap menerima permintaan dari para pendukung yang ingin menyaksikan langsung jalannya debat. Dengan begitu, kata Priyo, pihaknya tidak mengalami kesulitan lagi untuk membagikan undangan.

Wakil Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo -Sandiaga, Priyo Budi Santoso

Wakil Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo -Sandiaga, Priyo Budi Santoso

“Baik tokoh-tokoh partai maupun elemen-elemen emak-emak, milenial, yang menginginkan juga menontong langsung dari jagoan masing-masing,” ujar Priyo.

Sementara itu, senada dengan Priyo, menurut calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno juga menginginkan debat pilpres berikutnya didesain lebih sederhana, contohnya seperti tidak perlu mengundang banyak pendukung ke lokasi debat.

Sandiaga ingin masyarakat didorong menonton debat di rumah. “Karena debat kemarin itu, bukan di studio, tapi di auditorium. Nanti kami sampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),” kata Sandiaga.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan akan mengubah format debat pada debat sesi kedua. Salah satunya, tidak lagi menempatkan pendukung berada di belakang panggung debat seperti halnya pada sesi debat pertama.

Sementara itu, pada debat kedua pilpres nanti hanya diikuti oleh calon presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Kemudian, debat kedua ini akan disiarkan di RCTI, GTV, MNC TV, dan INews TV.

About author