Kenapa Saat Prabowo Jadi Cawapres Megawati Isu HAM Tidak Muncul?

Kenapa Saat Prabowo Jadi Cawapres Megawati Isu HAM Tidak Muncul?

92 views
0

Persoalan hukum, hak asasi manusia (HAM), dan korupsi menjadi tema pembahasan debat pertama pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang akan digelar pada 17 Januari 2019.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Siane Indriani menilai, tuduhan Prabowo terlibat dalam kasus pelanggaran berat HAM masa lalu sarat dengan kepentingan politik.

Dikarenakan tuduhan tersebut hanya muncul jelang penyelenggaraan Pilpres 2019.

Siane mengatakan, tuduhan pelanggar HAM tidak muncul saat Prabowo Subianto berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2009 lalu.

“Saat dengan Bu Mega tidak pernah muncul tuduhan itu (terlibat kasus pelanggaran HAM) terhadap Pak Prabowo,” kata Siane dalam sebuah diskusi di media center pasangan Prabowo-Sandiaga, di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (12/1/2019).

Menurut Siane, tuduhan keterlibatan Prabowo dalam kasus pelanggaran HAM merupakan fitnah.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Siane Indriani

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Siane Indriani

Sebab, hasil penyelidikan Komnas HAM atas tujuh kasus dugaaan pelanggaran berat HAM masa lalu tidak menyebut nama tersangka. Mantan Komisioner Komnas HAM itu juga menegaskan bahwa seluruh pihak seharusnya menghormati asas praduga tidak bersalah.

“Saya dapat meyakinkan bahwa penyelidikan Komnas HAM tidak ada satu pun nama tersangka. Maka itu bisa dikatakan fitnah. Kalau menghargai hukum seharusnya menghargai juga asas praduga tidak bersalah,” tutur Siane.

Sama halnya dengan Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso. Menurutnya, isu HAM terhadap Prabowo Subianto merupakan isu daur ulang. “HAM itu daur ulang,” kata Djoko.

Mantan Panglima TNI itu mempertanyakan, mengapa saat Prabowo Subianto menjadi calon wakil presiden (cawapres) Megawati Soekarnoputri pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2009 lalu, isu HAM tidak muncul.

“Dulu waktu Pak Prabowo jadi cawapresnya Bu Megawati tidak diserang, lolos-lolos saja,” ujar Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Sementara, menurut Direktur Materi dan Debat BPN (Badan Pemenangan Nasional) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said merasa jika isu tersebut selalu dihembuskan setiap Prabowo maju di kontestasi Pilpres.

“Saya rasa tidak ada lagi yang sensitif karena isu tersebut adalah isu yang berulang-ulang, dan ini adalah ketiga kalinya Bapak Prabowo maju di Pilpres,” kata Sudirman Said ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2018).

Adapun Prabowo Subianto dituduh terlibat dalam pelanggaran HAM masa lalu, yakni penculikan aktivis di akhir masa-masa pemerintahan Soeharto. Penculikan itu dilakukan Tim Mawar Kopassus dimana saat itu Prabowo menjabat sebagai danjen Kopassus. Namun Prabowo dinyatakan tidak bersalah karena tidak ada pengadilan satu pun yang mengadilinya.

 

About author