BPN: Pelanggaran HAM Era Jokowi Lebih Parah Dan Tragis, Dibanding Tuduhan Ke Prabowo

BPN: Pelanggaran HAM Era Jokowi Lebih Parah Dan Tragis, Dibanding Tuduhan Ke Prabowo

43 views
0

BPN Prabowo-Sandiaga optimis mampu menghadapi debat Pilpres putaran pertama terkait pelanggaran HAM. Karena telah memiliki banyak amunisi untuk mengkritik Jokowi mengenai penegakan HAM.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut pelanggaran HAM di era Joko Widodo atau Jokowi lebih parah dibanding yang dituduhkan terhadap Prabowo.

Dahnil kemudian merujuk kasus penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan yang sampai sekarang belum terungkap.

“Bukan hanya pelanggaran HAM terhadap masyarakat biasa, bahkan yang terjadi di era Pak Jokowi itu adalah pelanggaran HAM terhadap aparatur hukum. Ini menurut saya lebih tragis,” ujar Dahnil di kawasan Meruya Selatan, Jakarta Barat, Kamis malam, 3 Januari 2019.

BPN: Pelanggaran HAM Era Jokowi Lebih Parah Dan Tragis, Dibanding Tuduhan Ke Prabowo

BPN: Pelanggaran HAM Era Jokowi Lebih Parah Dan Tragis, Dibanding Tuduhan Ke Prabowo

Dahnil optimistis, Prabowo dan Sandiaga mempunyai banyak amunisi untuk mengkritik Jokowi mengenai penegakan HAM di debat pertama pemilihan presiden 2019 yang akan digelar 17 Januari mendatang. Menurut Dahnil, kasus Novel Baswedan akan menjadi perhatian Prabowo-Sandiaga.

Pada April 2017, penyidik senior KPK ini diserang oleh orang tidak dikenal. Mata Novel rusak akibat disiram air keras oleh pelaku. Tetapi, hampir dua tahun, pelaku penyerangan Novel belum juga tertangkap. Presiden Jokowi juga bergeming menanggapi tuntutan dibentuknya tim gabungan pencari fakta (TGPF) kasus Novel.

Dahnil mengklaim, jika Prabowo dan Sandiaga menang dalam Pilpres 2019 maka akan membentuk TGPF untuk mengusut kasus Novel. Karena Prabowo-Sandiaga berkomitmen membongkar pelaku, aktor, dan motif penyerangan terhadap Novel.

Namun, Dahnil enggan menjawab saat ditanya apakah isu ini akan menjadi senjata Prabowo-Sandiaga mengkritik Jokowi dalam debat pertama nanti, meski banyak yang menyinggung kasus Novel. “Kita lihat, nanti bocor,” ujarnya.

Kasus Novel Baswedan yang hingga kini belum terungkap

Kasus Novel Baswedan yang hingga kini belum terungkap

Selain kasus Novel, Dahnil juga mengungkapkan contoh lain pelanggaran HAM di era Jokowi. Dua di antaranya yakni pembangunan pabrik semen yang dilawan para petani Kendeng dan konflik lahan dengan pengembang yang dialami petani Karawang.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini menilai, isu-isu itu mampu menjawab isu pelanggaran HAM masa lalu yang dituduhkan kepada Prabowo. Dia juga berdalih, isu pelanggaran HAM masa lalu yang dituduhkan kepada mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu bersifat politis setiap lima tahun saja.

“Beliau tidak pernah diadili, sudah menyatakan tidak terlibat apa pun, dan jangan lupa beliau adalah pimpinan militer pada saat itu, militer ada pada posisi komando. Dan pemerintahan-pemerintahan sebelumnya juga tidak pernah menyediakan pengadilan,” jelas Dahnil.

Adapun Prabowo Subianto dituduh terlibat dalam pelanggaran HAM masa lalu, yakni penculikan aktivis di akhir masa-masa pemerintahan Soeharto. Penculikan itu dilakukan Tim Mawar Kopassus dimana saat itu Prabowo menjabat sebagai danjen Kopassus. Namun Prabowo dinyatakan tidak bersalah.

About author