Fakta, Ternyata Daun Salam Bisa Atasi Asam Urat

Fakta, Ternyata Daun Salam Bisa Atasi Asam Urat

5 views
0

Siapa yang tidak tahu daun salam? Daun salam adalah salah satu bumbu dapur khas nusantara yang tidak boleh ketinggalan dalam setiap masakan. Aromanya yang cukup kuat membuat masakan terasa lebih sedap dan menggugah selera.

Namun tahukah Anda, bahwa daun salam juga sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan?

Secara turun temurun, daun salam diyakini mampu mengatasi sembelit, sakit kulit, gangguan pencernaan, asma, mengontrol gula darah hingga mengatasi kanker. Tetapi benarkah demikian?

Spesialis gizi klinis dr Ida Gunawan, Ms SpGK meluruskannya. Menurut Ida manfaat daun salam untuk kesehatan tidak sebombastis yang diyakini.

“Fakta. Sejauh ini penelitian yang sudah terbukti adalah manfaatnya untuk asam urat. Ekstrak daun salam secara signifikan mampu mengatasinya,” ujar Ida dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Kamis, 22 November 2018.

Fakta, Ternyata Daun Salam Bisa Atasi Asam Urat

Fakta, Ternyata Daun Salam Bisa Atasi Asam Urat

Meskipun manfaatnya terbukti untuk asam urat, tetapi ia tidak menyarakan untuk melakukan pengobatan langsung tanpa pengawasan dokter

“Meskipun terbukti dalam penelitian namun pada prinsipnya pengolahannya berbeda. Tidak sesederhana itu, ada proses teknisnya dan bahan bakunya tidak hanya daun salam saja. Jadi sebaiknya dilakukan dengan izin dan pengawasan dokter.”

Selain mampu atasi asam urat, daun salam juga mampu mengatasi diabetes.

“Ada penelitiannya dengan sampel 20 orang diberikan ekstrak daun salam lalu kadar gula dalam tubuhnya menurun. Namun penelitian ini belum uji klinis baru pada hewan jadi membutuhkan penelitian lebih lanjut,” ujar Ida.

Meskipun bermanfaat Ida menyarankan penggunaan daun salah sebaiknya hanya sebatas bumbu masak. “Kalau sebagai bumbu masak digunakan 5 lembar sehari masih aman.”

Jadi sebaiknya gunakan daun salam secukupnya dan jangan berlebihan. Jika digunakan untuk pengobatan sebaiknya tetap dengan pengawasan dokter.

About author

Your email address will not be published. Required fields are marked *