Pinjaman Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Oleh Pemerintah

Pinjaman Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Oleh Pemerintah

9 views
0

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mewacanakan pinjaman pendidikan bagi mahasiswa atau student loan. Rencana itu pun disambut baik oleh sejumlah pihak. Dengan adanya kebijakan tersebut, diharapakan dapat mempermudah proses pekuliahan bagi mahasiswa yang dianggap mampu namun terbentur dengan masalah biaya.

Pinjaman Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Oleh Pemerintah

Menurut Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan, pinjaman tersebut dinilai akan sangat membantu bagi para mahasiswa. Apalagi, mahasiswa yang tengah menempuh tugas akhir kerap kesulitan dana. Dimana tugas akhir tersebut justru yang paling banyak memerlukan biaya yang tinggi.

“Ini penting karena banyak mahasiswa yang melakukan studi tidak bisa optimal karena keterbatasan biaya dan sebagainya,” tuturnya.”Yang tadinya harusnya melakukan riset dengan biaya yang lebih banyak atau travelling ya jadi nggak bisa karena nggak punya duit,” lanjutnya.

Dia menambahkan, pemerintah pada saat ini tengah menyiapkan skema tersebut. Jika hal tersebut terealisasi, diharapkan dapat mendukung para mahasiswa dalam menempuh pendidikannya. “Sehingga student loan adalah skema yang disiapkan untuk masyarakat bisa sekolah dan tidak terkendala biaya. Sekarang sedang disusun skemanya,” tukasnya.

Semoga saja skema yang sedang diwacanakan pemerintah tersebut dapat terealisasi, karena hal tersebut sangat memebantu sekali bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas akhir. Jangan sampai para mahasiswa tingkat akhir tersebut mengalami penyesalan yang mendalam karena tidak dapat menyelesaikan tugas akhir mereka karena masalah biaya.

About author