Taman Nasional Gunung Leuser, Cagar Alam di ujung Sumatra

Taman Nasional Gunung Leuser, Cagar Alam di ujung Sumatra

144 views
0

Gunung Leuser terletak di sebelah tenggara Aceh, dekat perbatasan dengan Sumatera Utara. Gunung Leuser terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser yang mengambil nama gunung ini sebagai namanya. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3400 meter di atas permukaan laut. Sedangkan, Taman Nasional Gunung Leuser dan area di sekitarnya dikenal dengan nama Kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Gunung Leuser merupakan tempat yang penuh dengan keindahan. Taman Nasional Gunung Leuser dibangun di atas tanah yang luasnya sekitar 1.094.000 hektar. Secara administratif, taman nasional ini berada di dua provinsi yakni Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Gunung ini merupakan salah satu tempat favorit, yang menantang bagi para  pendaki. Areanya pendakian dari gunung tersebut disebut Ekosistem Leuser.  Untuk mencapai  puncak Gunung Leuser, para pendaki akan memakan waktu sekitar 10-14 hari. Desa kecil Angasan meruakan titik awal pendakian yang terbaik.Sangat dianjurkan ketika Dolaners pergi ke hutan dengan membawa beberapa pemandu lokal. Semua pemandu di Taman Nasional Gunung Leuser terpercaya dan berlisensi, dan karenanya Dolaners tidak hanya akan aman tapi juga nyaman.

Oleh karena Gunung Lauser ini merupakan bagian dari Taman Nasional., maka para wisatawan akan mendapat bonus untuk melihat kehidupan sekitar 130 spesies fauna langka, misalnya:  seperti harimau, gajah, badak, siamang, kera, serta macan tutul. Ada juga ratusan spesies ikan dan burung. Di salah satu sudut terdapat kawasan konservasi orang utan. Kamu bisa datang ke sini untuk belajar bagaimana alam merawat primata tersebut. Selain itu, para wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam buah-buahan tumbuh secara alami di sini. Ada mangga, rambutan, durian, alpukat, jeruk, pepaya, bahkan jambu biji. Sebenarnya keragaman Gunung Leuser juga merupakan gabungan dari berbagai cagar alam.  Cagar alam yang berada di kawasan ini antara lain: Cagar Alam Gunung Leuser, Kappi Cagar Alam, Cagar Alam Kluet, Sikundur-Langkat Wildlife Reserve, Ketambe Research Station, Singkil Barat, dan Dolok Sembilin.

Taman Nasional Gunung Leuser sangat luas, mencakup hutan bakau, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, dan sampai hutan subalpine.  Taman nasionalnya menyimpan ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi hutan lebat khas hujan tropis. Mencakup lebih dari 100 kilometer Pegunungan Bukit Barisan, memiliki ketinggian berkisar dari daerah pantai di Kluet, yang terletak di wilayah Aceh Selatan, yaitu 3.300 meter di atas Gunung Leuser. Tiket masuk bagi wisatawan, untuk dapat menikmati pemandangan indah Taman Nasional Gunung Leuser, adalah sebesar Rp 5 ribu untuk wisatawan dalam negeri, dan bagi para wisatawan mancanegara, akan dikenakan tarif sebesar Rp 150 ribu. Kalau di hari libur nasional dan di hari Minggu, tiketnya Rp 7.500 untuk wisatawan dari dalam negeri, dan Rp 225 ribu untuk wisatawan mancanegara.

About author