Poros Info: Gerbang Parkir

Poros Info: Gerbang Parkir

8 views
0

Gerbang parkir selalu terdapat di gedung parkir atau tempat parkir dilengkapi dengan gerbang yang meliputi tempat pengambilan tiket / tanda parkir serta pintu keluar. Di pintu keluar, tiket parkir diperiksa dan ditentukan jumlah biaya yang akan dibebankan pemarkir dan dipungut pembayaran. Selaras dengan pembangunan gedung-gedung perkantoran, mall, rumah salit, bahkan kawasan wisata, tidak dapat dipungkiri kawasan tersebut, lahan parkir adalah suatu yang sangat penting, untuk memenuhi peran kawasan tersebut bagi masyarakat. Seperti yang dikutip dalam pernyataan dari seorang ahli, bernama Suweda, pada tahun 2008 myatakan bahwa: Fasilitas parkir adalah lokasi yang ditentukan sebagai tempat pemberhentian kendaraan yang tidak bersifat sementara untuk melakukan kegiatan pada suatu kurun waktu dan bertujan untuk memberikan tempat istirahat kendaraan dan menunjang kelancaran arus lalu-lintas.

Berbicara tentang gerbang pada lahan parkir, hal tersebuut dapat didefinisikan sebagai penghalang pintu untuk akses masuk dan keluar, yang dapat membantu keluar masuknya kendaraan secar ateratur. Pada zaman serba tekhnologi ini,  gerbang parkir telah dilengkapi kecanggihan tekhnologi, dimana gerbang tersebut telah dilengkapi dengan pintu, yang sacara auotomatis dapat terbuka dan tertutup dengan sendirinya. Banyak keuntungan dengan adanya palang parkir, yang memiliki sistem automatis. Salah satunya hal tersebut dapat meminimalisasi jatuhnya palang pintu, yang dioperasikan secara manual. Alat palang parkir, yang dioperasikan secara automatis ini, biasanya sudah dilengkapai dengan mesin ticketing. Apabila pengemudi tersebut ingin mengambil tiket, mereka hanya tinggal memencet tombol pada mesin tiket, dan tiket pun akan keluar secara automatis.

Pengoperasian palang pada pintu parkir dapat dipergunakan dengan  listrik searah DC atau AC, tergantung dari kebutuhan dan tingkat harga yang disesuaikan dengan kondisi lapanganPada mesin parkir tersebut tedapat dua buah tombol. Pertama adalah tombol yang berwarna hijau. Tombol hijau ini berfungsi bagi para pengendara untuk mengambil tiket, yang akan keluar secara automati, setelah tombol ditekan. Sedangkan, untuk tombol yang berwarna merah, untuk memanggil petugas apabila tiket tidak keluar.  Proses pengambilan tiket sangat cepat, sehingga para pengendara yang yang akan memasuki area parkir, tidak perlu menunggu antrian lama-lama. Area perkir ini cocok untuk area seperti: Pintu gerbang tol, Area parkir gedung,Perlintasan kereta api, Akses blok apartemen, Area komersial,Pintu masuk bandara,Rumah sakit,Pelabuhan, dan masih banyak lagi.

Dalam menganalisa gerbang parkir, diantara gerbang yang otomatis, terdapat juga gerbang parkir yang semi automatis. Hal ini berarti masih membutuhkan tenaga manusia. Hal ini disebabka, karena pada gerbang pintu keluar, masih memmbutuhkan tenaga manusia, yang digunakan oleh para pengendara untuk membayar restribusi parkir.

 

About author