Penyajian Hidangan Secara Prasmanan

Penyajian Hidangan Secara Prasmanan

36 views
0

Prasmanan  adalah cara menyajikan makanan di pesta atau restoran dengan meletakkan makanan di meja panjang dan pengunjung mengambil menu yang diinginkan sendiri. Prasmanan sangat populer di Indonesia karena praktis dan mengurangi jumlah pelayan yang dibutuhkan dalam resepsi. Modifikasi prasmanan hari ini adalah untuk menyajikan makanan di meja terpisah untuk setiap menu. Meja ini juga bisa dihias sedemikian rupa sehingga berbentuk gubug

Dari banyaknya pengusaha rumah makan, sebagian besar dari mereka masih menggunakan sistem pemesanan menu secara manual di rumah makannya, dimana proses pemesanan makanan harus melalui beberapa tahap yaitu diantaranya adalah pelanggan didatangi oleh pramusaji terlebih dahulu untuk mengajukan pemesanan menu, kemudian pramusaji tersebut mencatat daftar menu pesanan pelanggan di kertas, setelah itu daftar pesanan diberikan ke kasir untuk dicatat dan kemudian dimasak di dapur restauran. Cara pemesanan tersebut memiliki tingkat resiko yang cukup tingi, yang dikarenakan karena kelalaian sang pramusaji. Untuk itu, banyak pengusaha rumah makan mengganti cara penyajian makanan terhadap pelanggan.

Banyak dari mereka menggunakan cara prasmanan, atau lebih dikenal dengan self-service. Sistem prasmana, dimana para konsumen dapat mengambil pesanannya sendiri, adalah bentuk cara baru untuk mengatasi masalah penjualan yang sering ditemui dalam pelayanan warung makan. Sama halnya dengan usaha warung pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah carapenyajian  atau servisnya yang dirubah. Pada warung prasmanan, pengunjung dapat memilih dan mengambil sendiri menu yang dipilih dalam porsi masing-masing. Adanya cara baru ini membuat pengunjung lebih bebas dalam memilih atau mencoba menu-menu yang ditawarkan.

Aneka makanan yang ditawarkan dalam warung prasmanan sangatlah bervariasi mulai dari berbagai macam olahan masakan, minuman,  maupun hidangan lain.  Anda tak perlu menawarkan menu yang dimasak secara rumit, cukup menu-menu sederhana yang biasa disantap setiap orang. Untuk itu, para pengusaha kuliner harus mengadakan berbagai variasi menu yang beda dan selalu baru sehingga dapat menarik pelanggan dan mereka tidak akan merasa bosan.

Dalam pesta, terutama pesta pernikahan, prasmanan merupakan salah satu gaya penyajian favorit pesta pernikahan di Indonesia. Alasannya utama sang pemilik hajat, karena prasmanan dianggap cara paling praktis untuk pesta pernikahan yang mengundang banyak tamu. Gaya prasmanan yang lebih banyak menawarkan varian menu juga membuat mereka bebas memilih dan menikmati beragam jenis yang mereka inginkan.. Dalam sebuah pesta, terdapat  dua jenis menu prasmanan yang perlu disediakan jenis makanan berat dan jenis makanan yang memiliki sifat makanan ringan .

 

 

About author